Timed Messages & Message Retraction di BBM

Tempo hari saya mendapat pesan BBM dari teman. Tertulis di situ bahwa pesan yg saya terima merupakan Timed Messages yang artinya pesan tersebut ada batasan waktunya. Setelah dibuka beberapa saat kemudian kadaluarsa, hilang dari BlackBerry saya. Tidak hanya pesan teks, bisa juga untuk pesan foto/video.

Namun fitur ini hanya tersedia jika kedua pihak telah update versi BBM yang mendukung. Jika penerima belum update, maka fitur ini tidak bisa digunakan.

Jadi ingat messenger terkenal Snapchat yang telah lebih dahulu memperkenalkan layanan pesan yang secara otomatis menghapus setelah diterima.

timed

Untuk membuat pesan yang punya batasan waktu ini tidak sulit. Cukup update BBM ke versi terbaru. Di sebelah input pesan akan muncul icon timer. Ketikkan pesan yang akan dikirim kemudian tekan icon tersebut untuk memberikan batasan waktu pembacaan.

Namun tidak hanya Timed Messages, BBM terbaru juga menyertakan fitur Message Retraction yang dapat mencabut pesan yang telah dikirimkan. Jika dicabut, maka pesan tersebut akan hilang dari BBM orang yang menerima. Cara mencabutnya gampang, tinggal tekan pesan yg dimaksud agak lama sampai timbul menu untuk menghapus.

retraction

Saat ini kedua fitur keren tersebut masih bebas dan gratis. Namun, konon, setelah 3 bulan fitur ini hanya akan tersedia jika kita berlangganan. Namun metode berlangganannya belum terkuak mekanismenya.

3 thoughts on “Timed Messages & Message Retraction di BBM

  1. Ignasia Hastari K

    Saya mau tanya neh…td pagi di layar bbm saya muncul penawaran retract message free. Saya tekan tombol continue.stlah itu bbm saya tidak biaa dibuka sama sekali.apa yang terjadi?apa yang harus saya lakukan spy saya bisa membuka bbm saya kembali.mohon bantuannya…
    Terima kasih.

    Reply
    1. dewo Post author

      Mestinya retract message cuma utk menarik message & bbm tetap bisa berjalan dengan baik.

      Reply
  2. maron

    bang, tadi pagi saya membuka dan mendapati sebuah pesan suara, tpi sayangnya pesan tersebut telah kedaluwarsa. gimana cara saya agar bisa membuka pesan tsb? terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *