Review HD Car DVR PD-198HD

Saya iseng membeli kamera untuk mobil. Kebetulan Lazada menjual barang ini cukup murah, yaitu Rp 340.000 (diskon 35% dari Rp 525.000). Kalau di box-nya sih tertulis HD Car DVR. Tetapi di Lazada tertulis sebagai “DVR Vehicle Car Camera Dashboard Recorder HD 720p – PD-198HD Hitam”.

Spesifikasi yang tertulis sangat menjanjikan, yaitu resolusi Full HD, infrared night vision, 120 degree lens angle, 270 degree rotating screen, cycled recording, support SD card up to 64 GB, interface USB 2.0, HDMI & TV Out, motion detection video recording. Kamera ini bisa mengambil video dengan resolusi 720p (tapi di menu ada opsi 1080p) dan foto 5 MP (di Lazada tertulis 8 MP).

Kalau ditilik dari spesifikasinya keren ya? Namun jangan dulu terlena, karena hasil akhirlah yang menentukan bagus tidaknya kamera ini.

Unboxing

Mari kita mulai dengan unboxing. Ini dia foto box-nya.

hdcar01

Walau pun mungil, tetapi banyak isinya. Di bawah ini isinya.

hdcar02

Isinya meliputi unit kamera, baterai BL-5C (kayak baterainya ponsel Nokia), kabel USB mini, kabel TV Out, charger mobil, suction mount dan buku panduan berbahasa China.

hdcar03

Di bagian bawah terdapat tempat baterai. Kita buka tutupnya dan masukkan baterainya.

hdcar04

Sedangkan di sisi kiri terdapat slot HDMI dan USB mikro. Port USB ini sekaligus untuk mengisi baterai. Jika dihubungkan ke komputer, maka kamera bisa difungsikan sebagai webcam.

hdcar05

Sisi kanan terdapat slot untuk SD Card dan TV Out. Syukurlah kabel TV Out sudah disertakan. Sedangkan kartu SD tidak termasuk dalam paket. Tertulis kalau kamera ini bisa membaca kartu SD sampai 64 GB.

hdcar06

Di bagian depan terdapat 2 tombol, yaitu tombol on/off dan shutter. Tombol shutter digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan perekaman video dan pengambilan foto. Tombol shutter ini sekaligus berfungsi sebagai tombol select saat kita menjelajah menu kamera.

hdcar07

Pada layarnya yang bisa diputar dan ditekuk terdapat 4 buah tombol, yaitu Menu, Down, Up, dan Mode.

hdcar08

hdcar09

Kamera ini tidak punya memori internal. Jadi perekaman hanya bisa disimpan jika ada SD Card. Walau pun kecil, layarnya dapat menampilkan gambar dengan jernih.

hdcar10

Berikut adalah tampilan menunya. Navigasi menu bisa dilakukan dengan menekan tombol Menu, Down, Up, Mode dan Shutter (untuk memilih).

hdcar11

Kualitas Kamera

Setelah mengisi baterai sebentar, saya pun segera mencobanya. Saya hanya mencobanya di dalam kantor. Mungkin nanti sore baru saya pasang di mobil. Bagaimana hasilnya? Berikut contoh hasilnya.

Video di atas memiliki resolusi 1280×720 dengan codec JPEG dan framerate 30 fps. Ukuran file 58,6 MB untuk durasi 31 detik.

Nampak bahwa hasil rekaman video tidak jernih walau pun situasi cukup terang. Kalau kamera bergerak hasil perekamannya tidak terlalu cepat, nampak sedikit ketinggalan. Bagaimana jika untuk merekam situasi dari mobil yang bergerak cepat ya?

Bagaimana dengan hasil foto? Ternyata terlalu terang sampai menghilangkan banyak detail. Mungkin karena saya tidak mengeset konfigurasi kamera?

SUNP0007

Lensanya wide angle (120 derajat) sehingga foto tampak membulat, bahkan pada titik tengah.

Melihat kualitasnya yang kurang, apakah kamera ini berguna? Menjawab ini tentunya relatif. Jika kamera ini memang ditujukan hanya untuk merekam penglihatan dari dalam mobil, mungkin sudah cukup. Kualitasnya seperti hasil CCTV biasa.

Namun jika ingin digunakan untuk video travelling yang akan dimuat di youtube atau blog, mungkin perlu mempertimbangkan kamera yang lebih baik.

Dan tentu saja kamera ini tidak cocok untuk merekam dalam kecepatan tinggi atau sport. Untuk keperluan ini bisa memilih action camera seperti GoPro.

Tapi untuk harganya yang murah, memang sudah selayaknya kualitas tidak bisa berharap lebih.

3 thoughts on “Review HD Car DVR PD-198HD

  1. joni

    Halo….trims review nya….Sy kebetulan baru beli nih car dvr nya…cuma sy bingung…katanya ada infrared nyanuntuk merekam malam hari….Krn ada lampu led di depan. . Nah cara aktifkan untuk night vision nya gmn y?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *