RAID 0 Dengan USB Flash Disk di Mac OS X

Terinspirasi dari beberapa video di Youtube, saya pun mencoba membuat RAID 0 (striping) yang terdiri dari 2 buah USB Flashdisk di Apple MacBook Air saya. Kebetulan saya punya 2 buah USB Flashdisk versi 2.0 dengan kapasitas 8 GB. Kedua flashdisk ini memang bukan flashdisk yang punya kecepatan tinggi. Namun jika dikonfigurasikan sebagai RAID 0, bagaimana ya performanya?

Dan… Mac OS X memang keren, dia sudah dibekali dengan utility drive yang bisa membuat drive RAID dengan beberapa konfigurasi. Dan itu semua bisa dilakukan dengan mudah.

2usb

Sebelum membuat konfigurasi RAID, saya mencoba melakukan benchmark kecepatan USB flashdisk dengan Blackmagic Disk Speed Test. Dalam test ini saya menggunakan file system Mac OS Extended Journalised.

Hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Kecepatan menulis untuk ke-2 flashdisk tersebut berkisar antara 4-4.5 MB/s. Sedangkan kecepatan bacanya berkisar antara 24.5-26 MB/s. Berikut screencapture dari salah satu USB Flashdisk.

Jepretan Layar 2015-03-30 pada 1.41.34 PM

Lalu saya pun membuat RAID 0 (striping) yang menggabungkan 2 flashdisk tersebut menjadi 1 drive. Kapasitasnya jadi 2 kali dengan kecepatan baca menulis meningkat. Referensi untuk level RAID bisa dibaca di: Standard RAID Levels.

Jepretan Layar 2015-03-30 pada 1.52.00 PM

Bagaimana dengan kecepatannya? Mari kita lihat performanya dengan Blackmagic. Oh iya, saya menggunakan stress 1 GB.

Jepretan Layar 2015-03-30 pada 1.52.32 PM

Dari beberapa kali test, kecepatan menulisnya meningkat antara 6.0-7.7 MB/s. Sedangkan kecepatan membacanya melejit ke angka 48.3-48.6 MB/s.

Kesimpulannya, konfigurasi RAID 0 dengan 2 buah USB Flashdisk memang bisa meningkatkan kinerja tulis dan baca selain meningkatkan kapasitas penyimpanannya. Jika kelak saya punya USB flashdisk versi 3.0, mungkin saya akan mencoba mengkonfigurasikannya sebagai RAID 0 juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *