Mengganti Potensiometer Tone Push Pull Gitar

Rasanya sudah bertahun-tahun gitar saya nganggur. Saya cuma menyimpannya di tas gitar biasa. Dan ternyata itu tidak baik. Tas ini tidak mampu melindungi gitar dengan baik. Gitar masih bisa terbentur. Dan ketika saya menyimpan beberapa efek di kantongnya, ternyata itu membawa efek buruk juga bagi gitar.

Hingga ketika saya lihat kondisi gitar, ternyata potensiometer volume dan tone tidak bisa diputar lagi. Nampaknya bengkok karena tertekan kain tas, atau karena terbentur, atau karena efek yang saya jejalkan di kantong tas. Malangnya ketika saya paksa putar tone-nya malah putus. Sedangkan potensiometer volume masih bisa berputar walau pun seret.

cort01

Lebih malang lagi karena potensiometer tone tipenya push pull dengan resistensi A500K. Sebuah tipe yang tidak mudah dicari. Saya mencari di beberapa toko elektronik tidak dijual.

Syukurlah saya menemukan penjualnya di kaskus. Memang lebih mahal. Tapi dari pada tidak ada sama sekali kan? Dan saya pun sekalian beli 2 untuk cadangan.

cort02

Jujur saya belinya sudah beberapa tahun yang lalu. Hanya saja saya baru punya semangat untuk memasangnya sekarang, hehehe…

Perkakas yang diperlukan adalah solder, penyedot timah, tang pemotong, kunci inggris dan timah. Cara yang saya pakai sederhana, saya memindahkan 1-per-1 sambungan dari potensio lama ke baru. Namun saya membekali diri dengan skema wiring Cort X-6 yang bisa didownload di: Cort Guitars Schematic (PDF: X-6.pdf) untuk berjaga-jaga jika ada yang salah.

Pertama, buka tutup panel belakang gitar. Maka akan tampak kabel-kabel yang cukup ruwet. Buka mur pengunci potensio di muka gitar dengan kunci inggris (atau kunci pas). Potensio akan terlepas.

cort03

Sandingkan potensio lama dan baru. Pindahkan satu per satu kabel dan kapasitor dari potensio lama ke baru. Saya menggunakan cara pintas, kabel dari potensio lama saya potong dan kupas ulang lalu disolder ke potensio baru, sesuai dengan posisinya di potensio lama.

Khusus untuk kapasitor perlu hati-hati karena salah satu kakinya tersolder pendek di potensio lama. Jangan dipotong, tapi dipanaskan dan disedot timahnya hingga bisa terlepas. Sedangkan kaki satunya yang tersambung ke ground bisa dipotong. Lagi-lagi harus hati-hati jangan sampai kedua kakinya terputus. Kemudian pindahkan ke potensio baru.

Sebelum dibaut ke body gitar, saya mencobanya dulu di Vox amPlug AC30 apakah potensio baru bisa berfungsi dengan baik. Ternyata berfungsi baik. Ketika diputar akan mengubah tone. Ketika ditarik atau ditekan juga mengubah tone.

Setelah dipastikan berfungsi dengan baik, saya memasang potensio ke body gitar. Dan memasang kembali tutup panel belakang. Lancar.

cort04

Masalah berikutnya adalah knob. Knob lama ternyata dibaut & dilem ke potensio. Sedangkan patahannya tidak bisa terlepas. Jadi saya harus mencari knob untuk menggantikannya. Sejauh ini sih saya kesulitan mencari knob yang sama. Sebagai informasi, knob lama ini kayaknya terbuat dari metal, mungkin besi. Sedangkan yang jamak dijual di toko elektronik kebanyakan dari plastik.

Tapi tidak mengapa juga sih kalau diganti dengan plastik.

2 thoughts on “Mengganti Potensiometer Tone Push Pull Gitar

  1. david

    wah sama banget kayak gitar saya Cort X6
    dah lama ga di maenin tiba tiba potensio nya macet dan patah
    btw nyari potensio nya dimana yah di toko alat musik susah mas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *