Mengganti String Gitar Elektrik dengan Tremolo Floyd Rose

Rasanya sudah bertahun-tahun gitar elektrikku teronggok begitu saja. Dan ternyata dawai-nya sudah berkarat. Kalau dimainkan hanya membuat jemari sakit. Jadi saya pun membeli dawai gitar untuk menggantikannya.

Saya membeli string Ernie Ball 3121 yang diperkuat titanium. Tertulis kalau dawai ini anti karat. Wow… Saya beli yang ukuran 10-46. Padahal snar gitar bawaan Cort X-6 saya pakai ukuran 09 dengan 3 per terpasang. Untunglah Cort X-6 membawakan cadangan 1 per tambahan jika gitar dipasangi senar lebih tebal.

snar01

Untuk mengganti gitar perlu peralatan: kunci L yang sesuai dengan pengunci nut dan pengunci senar, per tambahan, tang pemotong, obeng dan tuner. Dan tentu saja 1 set senarnya.

snar02

Pertama buka pengunci nut (locking nut) dengan kunci L. Kendorkan senar-senar dengan memutar pegs. Sebaiknya kendorkan dawai terkecil dulu, baru terbesar. Soalnya kalau dimulai dari yang terbesar, dawai terkecil mendadak akan mendapatkan tarikan lebih kuat. Jika dawai tidak kuat, maka dawai akan putus. Dan itu berbahaya.

snar03

Tidak perlu sampai terlepas dawainya. Setelah cukup kendor, kita bisa melepas pengunci dawai dari bridge-nya. Gunakan kunci L yang sesuai. Kalau mau cepat, kita bisa memotong saja dawai lawas tersebut.

Berhubung saya mau memasang per tambahan, maka saya perlu membuka tutup panel belakang. Mengganti seluruh dawai memberikan kesempatan untuk sekalian bersih-bersih gitar, termasuk pick up dan bridge-nya. Soalnya kalau sudah terpasang dawai, membersihkan area-area ini tidak mudah.

snar04

Sekalian saja saya lepas per-per dan bridge-nya sehingga bisa lebih detail proses pembersihannya.

snar04a

Oh iya, saat melepas pengunci dawai sebenarnya cukup sampai bisa terlepas dawainya saja. Kalau saya melepas penguncinya sampai pengganjal kuncinya terlepas. Bagian kecil ini jangan sampai hilang ya? Kalau ilang bisa repot.

snar05

Setelah terbongkar semua, saatnya bersih-bersih. Mulai dari neck, body, celah-celah, dan bridge. Kalau sudah bersih, kita bisa mulai memasang dawainya satu per satu.

snar06

Urutkan dawai-dawainya. Jangan sampai keliru masangnya ya? Hehehe…

snar07

Di atas adalah pengganjal kunci senar. Coakan itu harus pada posisi baut pengunci sehingga ganjal tidak terlepas nantinya. Selipkan pada celah wadah senar di bridge.

snar08

Potong ujung dawai yang ada ball-nya. Selipkan dawai pada bridge dan pengganjal. Lalu kencangkan pengunci dengan kunci L.

snar09

Kita ulangi untuk memasang ke-5 dawai berikutnya. Oh iya, saya memasang dawainya pada keadaan bridge masih terlepas dari body gitar.

snar10

Kalau sudah terpasang semua senar, kita bisa memasang kembali bridge di body gitar. Pasangkan ke-4 per-nya.

snar11

Urutkan snar gitar menyusur neck ke headstock. Pasangkan pada pegs-nya. Putar pegs untuk mengencangkan.

Colokkan kabel gitar ke gitar dan ke tuner. Mulailah kita mengencangkan gitar sekaligus tuning (atau nyetem istilahnya). Hehehe… rupanya baterai tuner saya habis. Tuner tidak bisa nyala, sedangkan saya tidak punya cadangan baterai. Jadi saya nyetem pakai Zoom G1u.

snar12

Mungkin diperlukan beberapa kali siklus tuning karena belum seluruh dawai tegang sempurna. Jangan lupa untuk mulai mengencangkan dawai dari yang tertebal, baru ke tipis. Setelah beberapa kali siklus dan sudah dirasa stabil, kita bisa memasang kembali locking nut dan mengencangkannya.

snar13

Jika sudah terkunci nut-nya, kita bisa menyesuaikan tuning dari knob tuning di brige.

Selesai sudah proses penggantian dawai gitar. Waktunya menyimpan kembali gitar kesayangan ini. Loooh kok disimpan lagi? Kapan mainnya? Hehehe…

~~~
Terkait:
~ Floyd Rose (wikipedia)
~ Machine Head (wikipedia)
~ Tuning pegs (wikipedia)

3 thoughts on “Mengganti String Gitar Elektrik dengan Tremolo Floyd Rose

  1. Kevin Jericho

    Cara melepas bridgenya gmana ya?saya belum pernah ganti senar.Takut salah.Gitar saya B.C.Rich Warlock sama Ibanez JEM 777

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *