Antrian Motorola Moto E di Lazada

Kali ini Lazada menawarkan pre-order untuk Moto E dengan harga Rp 1.299.000. Bisa dibilang sangat terjangkau bagi pendamba smartphone. Tapi apakah harganya layak? Mengingat sebelumnya Lazada menjual Xiaomi Redmi 1S dengan harga yang lebih mahal sedikit tapi memiliki spesifikasi jauh lebih baik.


{Foto dipinjam dari www.gsmarena.com}

Kalau kita simak spesifikasinya, jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 1S, maka Moto E sangat inferior. Prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 200 yang “cuma” dual core 1.2 GHz Cortex A7 yang disandingkan dengan GPU Adreno 302. Coba dibandingkan dengan Redmi 1S yang berani mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 400 MSM8228 yang punya core 4 buah dengan clock 1.6 GHz Cortex A7 dan disanding dengan GPU Adreno 305.

Sementara itu keduanya sama-sama dibekali RAM 1 GB. Sedangkan media penyimpanan internal Redmi 1S lebih unggul dengan 8 GB, dua kali media penyimpanan Moto E yang cuma 4 GB.

Untuk sistem operasi Moto E bisa sedikit berbangga dengan Android yang lebih terkini karena dibekali Kitkat 4.4. Sedangkan Redmi 1S menggunakan Android 4.3 yang telah di-custom dengan interface MIUI. Namun jangan salah, interface MIUI terkenal lebih efisien sehingga bisa membuat Redmi 1S lebih gegas.

Satu hal lagi yang patut disayangkan dari Moto E adalah karena layarnya yang 4.3″ cuma punya resolusi 540×960 qHD yang artinya punya kerapatan 256ppi. Coba tengok Redmi 1S yang punya bentang layar 4.7″ dengan resolusi 1280×720 HD dengan tipe IPS. Namun keunggulan dari Moto E adalah sudah dilapisi anti-noda dan menggunakan Corning┬« Gorilla┬« Glass 3 sehingga lebih tangguh di medan yang lebih berat.

Saya pikir Moto E sangat tanggung bagi masyarakat jaman sekarang yang doyan selfie karena Moto E tidak dibekali kamera depan. Kamera belakangnya juga cuma punya resolusi 5 MP tanpa flash. Di detail spesifikasinya tidak tertulis kemampuan Auto focus. Jelas inferior dibanding Redmi 1S yang punya kamera depan 1.6 MP dan kamera belakang 8 MP. Keduanya ada fitur auto focus dan pengenalan wajah.

Jangan lupakan fitur dual SIM yang sekarang sangat digemari masyarakat. Sayangnya Moto E yang dijual di Lazada hanya punya 1 slot SIM. Sejatinya Moto E ada versi yang dual SIM. Sedangkan Redmi 1S sudah dibekali fitur dual SIM.

Ada satu fitur yang saya sukai dari Redmi 1S yang tidak ada di Moto E, yaitu Radio. Padahal fitur radio ini sangat menghibur di kala bosan. Dari pada bosan mendengar lagu yang itu-itu saja, akan lebih asyik jika mendengarkan radio.

Namun kalau dilihat dari segi desain, Moto E memang tampak lebih luwes dengan sudut-sudut membulat. Sedangkan Redmi 1S tampak lebih kaku. Namun Moto E sedikit lebih tebal dengan ukuran 124.8mm x 64.8mm x 12.3mm. Bandingkan dengan Redmi 1S yang punya dimensi 137mm x 69mm x 9.9mm.

Keduanya punya slot SD Card untuk penambahan kapasitas penyimpanan. Moto E dibekali baterai dengan kapasitas 1980mAh. Redmi 1S punya baterai 2000mAh. Jika dilihat dari fitur Moto E yang lebih inferior, mungkin Moto E akan lebih awet hidupnya sampai kemudian di-charge lagi.

Lebih lanjut, fitur lainnya standar dan keduanya sudah memiliki.

Menurut saya, dengan harga jual sebelum diskon cuma terpaut 200.000 rupiah, sayang rasanya membeli Moto E. Rasanya Moto E cuma menjual nama besar Motorola dan Corning Gorilla Glass yang bagi sebagian orang tidak terlalu membutuhkannya. Ketika melihat jeroan dan performa, sudah dipastikan Redmi 1S melaju lebih jauh dari pada Moto E.

Ketika saya melihat harga promo Moto E, saya sempat tertarik. Namun melihat spesifikasinya lebih detail, saya mengurungkan diri untuk turut pre-order.

Komentar dan kritik dipersilakan. Mungkin Anda punya opini berbeda. Salam hangat.

2 thoughts on “Antrian Motorola Moto E di Lazada

  1. Pingback: Antrian Motorola Moto E di Lazada | Emanuel Setio Dewo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *